Rabu, 12 September 2012

Komunikasi Cerdas Untuk Bayi Cerdas Pada Masa Kehamilan

Diposting oleh Unknown di 11.32
Hai Bunda..^^ Saat ini,admin ingin sedikit berbagi info tentang bagaimana membangun komunikasi dengan si kecil pada saat si kecil sedang didalam kandungan. Berikut adalah bentuk stimulasi yang dapat dilakukan :

1. Cahaya
Taukah Bunda bahwa dimulai pada usia 15 minggu, bayi telah mampu merasakan cahaya? Stimulasi cahaya dapat dilakukan dengan cara menyorotkan lampu senter ke perut. Pada saat janin berusia 20 minggu, stimulasi jenis ini dapat menstimulasi otak dan mata janin.

2. Belaian
Sebagian besar orang akan merasa nyaman pada saat punggungnya dibelai. Begitupula janin. Letakkanlah jari Bunda pada posisi punggung janin,lakukan gerakan dari bagian punggung sampai pantat janin. Belailah dengan diiringi ucapan kata - kata lembut dan kasih sayang yang tulus. Stimulasi ini juga dapat dilakukan oleh sang Ayah. Ini merupakan bentuk pengenalan pertama yang dilakukan untuk janin oleh sang Ayah. Percayalah bahwa perasaan kasih sayang itu akan sampai pada janin. Tuhan telah menciptakan cara yang menakjubkan untuk membuat itu semua..^^

3. Usapan
Lakukan dengan gerakan mengusap menggunakan jari dan telapak tangan yang terbuka pada bagian perut dengan gerakan melingkar serta iringi dengan musik klasik. Mengapa musik klasik? Selengkapnya dapat Bunda ketahui pada artikel "Manfaat Musik Klasik Untuk Perkembangan Janin".

4.Berbicara
Pada awal stimulasi ini dilakukan, mungkin Bunda tidak mendapat respon dari janin akan stimulasi ini. Namun, dengan bertambahnya usia janin, maka pertumbuhan janinpun akan semakin sempurna. Pada saat inilah, janin akan dapat merespon dengan melakukan tendangan - tedangan. Stimulasi ini dapat dilakukan dengan mengajak bicara janin, mulai dari cerita bahkan doa ataupun cita - cita. Bicarakan hal - hal yang baik dan disertai dengan kontak persaaan yang mendalam. Jangan anggap remeh bentuk stimulasi ini Bunda, terutama pada saat pra kelahiran. Jenis stimulasi ini selain dapat memberi rasa nyaman dan tenang pada janin, juga dapat melatih janin untuk lebih sigap untuk mencari sumber suara Ibunya, memiliki sifat inisiatif, memiliki koordinasi gerakan tubuh yang harmonis, serta memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

5.Tepukan Ringan
Rapatkan jari Bunda kemudian lakukan gerakan menepuk dengan lembut pada bagian atas perut (namun jika diketahui bahwa posisi janin sungsang, maka lakukan pada bagian bawah perut). Biasanya janin akan merespon dengan tendangan. Jenis stimulasi ini dapat melatih janin untuk lebih peka terhadap rangsangan yang diterimanya.

6.Tekanan Ringan
Stimulasi jenis ini bermanfaat untuk mengetahui posisi janin. Lakukan dengan meletakkan kedua tangan Bunda pada sisi perut. Gunakan ujung jari untuk mengetahui posisi janin (bagian kepala dan badannya). Perlu diperhatikan untuk tidak menekan terlalu keras.   

0 komentar:

 

tobabycco Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea