Rabu, 12 September 2012

Makanan Sehat untuk Bayi Cerdas

Diposting oleh Unknown di 11.28
Biasanya jika makanan yang akan kita berikan ke bayi masih panas, sering kali yang kita lakukan adalah meniupnya. Tujuan awalnya memang baik, yaitu supaya makanan tersebut cepat dingin dan siap santap untuk bayi. Namun, hal ini sebaiknya dihindari karena ternyata kuman yang ada di mulut kita bisa menempel pada makanan bayi. Dengan demikian kuman tersebut nantinya akan berpindah ke tubuh bayi. Tentunya ini akan membuat bayi menjadi rentan terserang penyakit. Sebagai solusinya, bisa dengan menaruh makanan bayi pada piring ceper (datar) sehingga cepat dingin (paling tidak hangat dan tidak panas).
Untuk tetap menjaga bayi tetap sehat dan cerdas, usahakan memberikan asupan makan yang bersifat alami. Makanan instan yang banyak beredar dipasaran, lebih banyak mengandung bahan-bahan kimia yang dapat berimbas negatif bagi kesehatan bayi. Alangkah lebih baiknya jika kita membuat makanan sendiri untuk bayi dan tentunya sehat serta alami. Misalnya membuat nasi tim yang dicampur dengan beberapa sayur-sayuran. Beberapa yang bisa dicampurkan :
1. Nasi
Nasi merupakan makanan yag mengandung karbohidrat. Karbohidrat diantranya berfungsi sebagai penghasil energi, pemberi rasa manis pada makanan, penghemat protein, pengatur metabolisme lemak, dan membantu pengeluaran feses.
2. Kentang
Menurut penelitian, kentang memiliki kandungan mineral natrium dengan kadar alkalin yang cukup tinggi serta dapat berfungsi untuk meningkatkan pH yang terlalu asam di dalam tubuh. Hal ini akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastis, dan otot menjadi lentur.
3. Wortel
Wortel mengandung vitamin A yang berguna bagi fungsi retina mata.
4. Brokoli
Brokoli mengandung banyak karbohidrat, energi, vitamin, dan mineral. Dikatakan pula bahwa brokoli merupakan makanan super karena kandungan gizi yang sangat bagus dan menempati perinkat pertama sebagai obat tradisional antikanker.

Cara membuatnya mudah.
1.Campurkan beras secukupnya (kira-kira untuk porsi satu hari bayi makan)dan potongan sayur-sayuran di atas serta garam secukupnya ke dalam panci.
2.Rebus dan aduk terus campuran tersebut hingga menjadi bubur.
3.Taruh dalam sebuah wadah dan letakkan dalam penghangat makanan.
4.Blender rebusan tersebut ketika waktu makan bayi tiba.
Silakan dicoba ^^ , rasanya enak dan tentunya menyehatkan.

dari berbagai sumber.

0 komentar:

 

tobabycco Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea