Rabu, 12 September 2012

Musik Klasik untuk Perkembangan Janin

Diposting oleh Unknown di 11.31
Mungkin Bunda sudah tidak asing lagi mengenai manfaat musik klasik yang baik untuk mempengaruhi perkembangan otak bayi serta memberikan bayi rasa tenang dan bahagia pada saat kehamilan. Namun taukah Bunda penjelasan mengenai hal tersebut? Serta bagaimana cara memperdengarkan yang disarankan agar memberikan manfaat yang maksimal? Yuk simak beberapa informasi yang mungkin belum Bunda ketahui ini..^-^

1. Mengapa musik klasik dapat membuat bayi merasa tenang dan bahagia?
Layaknya yang terjadi pada orang dewasa, musik juga dapat mengatur cepat atau lambatnya denyut jantung serta suasana hati pada janin.

2.Mengapa musik klasik dapat mempengaruhi perkembangan otak janin?
Pada otak terdapat bagian yang berfungsi menterjemahkan stimulasi yang didengar. Stimulasi yang diterima otak akan diteruskan ke pusat emosi yang diatur dalam limbic. Stimulasi ini dapat melatih otak bayi untuk bekerja. Aktiftas otak inilah yang dapat merangsang pertumbuhan sel otak bayi. Alunan musik klasik ditambah dengan pemberian nutrisi (DHA) yang baik dapat meningkatkan jumlah sel otak pada bayi.

3. Bagaimana cara memperdengarkan musik klasik yang disarankan agar memberikan manfaat yang maksimal?
* Ibu dapat memulai memperdengarkan musik klasik sejak janin berusia 20 minggu. Hal ini dikarenaka pada usia 20tersebut, pendengaran janin telah terbentuk sempurna.
* Waktu yang baik untuk melakukan stimulasi ini adalah antara pk.20.00 - 23.00. Hal ini dikarenakan pada saat malam hari adalah waktu relaksasi, kondisi Bunda yang tenang dan relaks dapat mempengaruhi janin dalam menerima rangsangan.
* Durasi yang dibutuhkan adalah 1 jam/hari.
* Perdengarkan musik klasik dengan kondisi headphone menempel pada perut Bunda.
* Pilihlah musik klasik Mozart. Berdasarkan penelitian, efek musik Mozart menghasilkan jumlah sel neuron paling maksimal dibanding musik klasik lainnya. 


*dari berbagai sumber

0 komentar:

 

tobabycco Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea